Bagaimana menghitung cepat tanpa formula di Excel

Ada satu fasilitas di Excel yang jarang orang mengetahuinya. Fasilitas tersebut ternyata sangat memudahkan kita dalam mengetahui hasil perhitungan.  Apalagi jika melibatkan banyak sel, sementara kita hanya tersedia sedikit waktu. Apa saja yang dapat dihitung dengan fasilitas tersebut?

Average: Nilai rata-rata aritmetika dari semua sel yang disorot/diblok

Count: Jumlah sel yang terisi data, baik data bertipe angka maupun data yang bertipe text/huruf

Numerical count: Jumlah sel yang terisi data yang bertipe angka

Sum: Nilai penjumlah dari semua sel yang disorot/diblok

Minimum: Nilai paling rendah dari semua sel yang disorot/diblok

Maximum:Nilai paling tinggi  dari semua sel yang disorot/diblok

Bagaimana cara mengetahuinya?

Pertama sebenarnya kita hanya perlu melakukan blocking/sorot pada sel-sel yang akan kita ketahui nilainya. Gabungan sel tersebut bisa satu kolom yang vertikal, atau baris horisontal dan bahkan banyak kolom dan baris sekaligus. Kalau hanya 2 baris dan 2 kolom mungkin masih gampang, pakai saja manual. Tapi bagaimana jika datanya dalam bentuk 200 kolom dan 200 baris (atau matrix) yang terisi penuh, dengan angka dan huruf? Kalau kita pake fasilitas formula biasa (eg. “=sum()” atau “=Average()”) mungkin sedikit repot ya, harus menuliskan.

Kedua, lihat status bar yang berada di bawah. Status bar paling sering kita lihat ketika MS Excel melakukan auto saving, zooming dan mengubah tampilan workbook di monitor. Dengan MS Excel 2007, kita bisa menambahkan status nilai perhitungan dari sejumlah sel yang kita sorot.  Default-nya status bar hanya menampilkan nilai Average, Count dan Sum. Untuk menambahkan yang lain, kita hanya perlu klik kanan dan pilih saja yang kita inginkan.

Post relevance terms: cara menghitung dengan cepat menggunakan excel, cara menghitung jumlah banyak sekaligus di excel, rumus excel menghitung jumlah cell yang terisi, rumus ngitung cepat miscrosoft excel